SOAL SOAL PPG TAHUN 2020
1.
Teman – teman menilai saya
sebagai orang yang dalam berhubungan dengan orang lain... |
a. Cepat berubah pikiran b. Membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara dekat dengan orang lain c. Selalu memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang lain yang
kurang sesuai d. Suka memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang laon yang
kurang sesuai e. Mudah menyesuaikan diri serta mampu menjelaskan dengan rinci bilamana ada
perbedaan |
|
2.
Kemampuan untuk
mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru
baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah
ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika
menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif
memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah... |
a. Problem based learning b. Contextual teaching learning c. Project based learning d. Open inquiry e. Cooperative learning |
3.
Anda memiliki beban
mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah
seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. Apa
yang Anda lakukan? |
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam
mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar |
b. Saya
mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai
pengurus kepala sekolah |
c. Saya
melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas- tugas
pengurus koperasi sekolah. |
d. Saya
berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas
mengajar. |
e. Saya
mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang
terlaksana |
4. Seorang siswa
bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah
menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah
semester. Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan
alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya
tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya
keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika
seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang Anda lakukan? |
a. Memberitahukan
pada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang
penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing – masing. |
b. Memanggil
keduanya, serta memberikan nasehat – nasehat agar keduanya bersahat dan
saling membantu. |
c. Memberitahukan
pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu temannya, temannya
mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf. |
d. Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya untuk
membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan
penyelesaiannya |
e. Cukup
didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat
diselesaikan secara mandiri |
5. Sebagai
seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi tugas kelompok daya akan... |
a. Membagi
tugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki teman – teman. |
b. Membagi
tugas dengan sama rata untuk semua teman |
c. Memberikan
kebebasan pada anggota untuk memilih bagian mana yang sanggup untuk
dikerjakan |
d. Mengerjakan
tugas yang sulit terlebih dahulu bersam a- sama, baru membagi kelompok sesuai
dengan strategi saya sebagai ketua agat pekerjaan selesai. |
e. Membagi tugas dengan memperhatikan minat dan kompetensi
setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik |
6. Para siswa
berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai –
nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap
berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah.... |
a. Mengelompokkan
siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama |
b. Menampilkan
sikap yang wajar terhadap perbedaan – perbedaan pemikiran, sikap, dan
perilaku anak didiknya. |
c. Berpandangan
bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari. |
d. Mengurangi
perbedaan – perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman. |
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling
menghargai antara siswa satu dengan lainnya. |
7. Terdapat
peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket
kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan
kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan tersebut pada wali kelas.
Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? |
a. Memberikan
hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun
kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawab |
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa
terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar
menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut. |
c. Memberikan
teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan
kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi
perbuatannya. |
d. Merekomendasikan
guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan
bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok |
e. Memfasilitasi
pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kemlompok piket
kebersihan sehingga anggira menyadari tugas masing – masing ketika jadwal
piket kebersihan kelas berlangsung |
8. X adalah guru
di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah
menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada
beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada
kepala sekolah , maka kasusnya akan ramai dan tem a- teman tesebut bisa
mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan
tercemar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut Anda
yang sebaiknya dilakukan si X adalah.... |
a. Diam
saja, karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun
temannya akan mendapat masalah. |
b. Mengingatkan
temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke
pihak sekolah. |
c. Mengingatkan
temannya untuk itdak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas
masalah yang terjadi. |
d. Meminta
temannya untuk mengaku kesalahan di depan kepala sekolah. |
e. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala
sekolah dan membantu mencari solusi |
9. Seringkali
seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang
pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima tugas seperti
ini? |
a. Hanya
akan bekerja bila seusuai dengan pendidikan dan keterampilan saya. |
b. Saya
akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya |
c. Saya
kan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa sebenarnya itu di
luar bidang ilmu dan keterampilan saya. |
d. Saya
akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk
melaksanakannya |
e. Menjalankan tugas dan mengganggap sebagai
kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti |
10. Di wilayah Anda mengajar ada komunita
GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI. Melakukan penggalangan dana
sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar
diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan
profesi, apa yang akan Anda lakukan? |
a. Mendukung
sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk
berpartisipasi dalam penggalangan dana. |
b. Memberi
nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai
PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya. |
c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu
meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang. |
d. Berpartisipasi
aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu
membayar perwakilan GTT ke Jakarta |
e. Mengusulkan
kepada pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan GTT untuk
pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya |
11. Anda memiliki tetengga yang anaknya
tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena
anak tersebut adalah anak berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai tetangga yang
berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan? |
a. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak
untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai
siswanya. |
b. Menyarankan
kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB)
agar tidak melanggar hak asasi manusia |
c. Meminta
aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan
ananknya yang menyandang ABK |
d. Meminta
guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang
tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya |
e. Meminta
aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau
menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK |
12. Seorang siswa kedapatan membawa
handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan
peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai
guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana Anda menganggapi
permasalahan tersebut? |
a. Memanggil
siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan
sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya |
b. Apabila
mengetahui siswa yang membawa handphone segera menyampaikan hal ini pada wali
kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih
lanjut |
c. Saya
akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di
sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita
hp untuk sementara waktu |
d. Saya
menemui siswa tersebut yang membawa hanphone saat di sekolah maupun di kelas
serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran
tersebut |
e. Merampas
handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan
anaknya jangan samapai membawa handphone ke sekolah. |
13. Salah satu tugas guru piket adalah
membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan
siswa yang dapat terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu
akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada
seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda)
datang terlambat 30 menit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus
diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba – tiba teman Anda yang
terlambat tersebut meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan
surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang
akan Anda lakukan? |
a. Memenuhi
permintaan teman Anda karena alasannnya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus
tersebut kepada kepala sekolah |
b. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk
anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah |
c. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga
anaknya meskipun jumlah poin dikurangi |
d. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga
anaknya sesuai aturan |
e. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan
kepada kepala sekolah atas kasus ini |
14. Guru banyak menggunakan ceramah dalam
kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi
tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi
tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya? |
a. Saya
memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk
mengaktifkan kegiatan belajar siswa |
b. Siswa
menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik
pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas |
c. Saya
bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam
pengadaan media dan sumber belajar |
d. Saya
meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan
penjelasan guru dengan baik agar berprestasi |
e. Saya
mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar
seperti biasanya |
15. Seorang anak berminat pada kelompok
peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA.
Namun orang tuan bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu
pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter agar masa
depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut
di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika
serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda lakukan? |
a. Menasehati
si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik
karena tidak ada orang tuan yang berniat menjerumuskan anaknya |
b. Memberikan
saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif
kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminataan
yang sesuai |
c. Menyarankan
kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak
berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran. |
d. Melakukan
kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi
dengan agar orang tua memahami potensi anaknya |
e. Bersama
guru BK, Anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang
tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama – sama dengan menggunakan
data- data sebagai dasar keputusan obyektif. |
16. Ketika Anda tahu ada siswa berbeda
agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting
karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda
lakukan... |
a. Tetap
meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan |
b. Memberi
nasihat kepada siswa tersebut untuk mrngganti jadwal ritual keagamaannya |
c. Menyerahkan
keputusannya kepada siswa |
d. Memberi
nasihat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya
kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidak |
e. Membolehkan
siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan
untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain |
17. Dalam pelajaran menuju sekolah, pola
pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti
melewati guru marka jalan. Anda akan melakukan apa? |
a. Menegur
dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi
keselamatannya |
b. Menjelaskan
di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan
pelanggaran lalu lintas |
c. Menegur
dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi
keselamatannya |
d. Berteriak
dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi
keselamatannya |
e. Memotret
kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah
agar tidak melakukan hal seperti itu. |
18. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah
dalam acara rutin pertemuan warga RT. semua warga RT diundang untuk acara
pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah Anda adalah
seornag warga paling miskin di RT. apa yang akan Anda lakukan? |
a. Menyalami
tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang
telah disediakan |
b. Membiarkan
tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda
perlakukan seperti itu |
c. Meminta
tamu pertama tu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu
yang datang paling awal |
d. Sembari
menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal
– hal ringam |
e. Mengajak
tamu tersebut ke belakangdan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta
bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman |
19. Ada siswa yang kurang bergairah
belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai
guru adalah |
a. Membiarkan
saja karena sangat mungkin sesuai tersebut tidak berminat pada mata pelajaran |
b. Mengingatkan
namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa – siswa lain
yang menunjukkan kemajuan |
c. Membangkitkan
semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit |
d. Menggunakan
berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya |
e. Memahami
kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat
belajarnya |
20. Bayangkan suatu ketika Anda sedang
berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba – tiba ada orang memaki Anda secara
tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda
lakukan? |
a. Membalas
makian orang itu agar agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan
mengajarkan pertahanan diri |
b. Menarik
orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas
perlakuan ornag yang tidak benar |
c. Memberi
pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana
caranya menjaga harga diri |
d. Mendiamkan
orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana
caranya menghindari keributan |
e. Mengajak
bicara baik – baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya
berkomunikasi dalam kondisi sengketa |
21. Bagaimana sikap Anda terhadap guru
yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada
perserta didik agar berprestasi unggul? |
a. Sangat
tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan
prestasi unggul siswa |
b. Tidak
setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan
prestasi unggul siswa |
c. Cukup
setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan
prestasi unggul siswa |
d. Setuju
dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi
belajar unggul siswa |
e. Sangat
setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi
unggul siswa |
22. Karena terbiasa bekerja cepat dan
teratur, Anda sering memiliki siswa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada
teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus segra
diselesaikannya. Tindakan yang mencerminkan diri Anda adalah... |
a. Kalau
diminta untuk membantu, maka saya tidak bersedia karena khawatir salah |
b. Mengerjakan
kewajiban Anda yang lain agar tidak diminta membantu menyelesaikan
pekerjaannya |
c. Meminta
teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia untuk menyelesaikan
pekerjaannya |
d. Memahami
kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika teman itu meminta bantuan saya |
e. Segera
menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu
bantuan |
23. Saya adalah orang yang menunjang
tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya katakan. Seandainya saya
menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya. Hal yang saya
lakukan adalah... |
a. Menyalurkan
pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lain |
b. Memendam
perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan tugas |
c. Mengalihkan
perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat |
d. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan pada orang terdekat yag ada di lingkungan kerja |
e. Mengungkapkan
dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan |
24. Saat masih pendidikan dulu, daya
pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari dosen dan waktu
pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah... |
a. Meminta
dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas |
b. Mengerjakan
tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu |
c. Meminta
bantuan teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan sebagian tugas
dikerjakan sendiri |
d. Mengerjakan
sesuai kemampuan yang penting mengupulkannya |
e. Mengatur
waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas |
25. Anda ditugaskan di sekolah kurang
maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan
sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa
upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut |
a. Saya
berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara baru memajukan
sekolah |
b. Saya
mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan
kemajuan sekolah |
c. Saya
meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di sekolah |
d. Saya
mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar
yang diperlukan sekolah |
e. Saya
menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar
sebagaimana besarnya |
26. Tugas di sekolah, di rumah, dan di
lingkungan sosial silih berganti. Satu tugas belum belum selesai dikerjakan, tugas
berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi Anda? |
a. Lebih
baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, karena guru bekerja
seperti robot |
b. Saya
ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan
semua |
c. Saya
bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tantangani sama
sekali atau meninggalkan tugas |
d. Hal
yang penting adalah semua tugas terselesaikannya karena soal tuntas atau
tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi |
e. Saya
bekerja dengan cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas
sesuai rencana dan waktunya |
27. Komplek dimana Anda tinggal setiap
musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju
suangai. Warga sudah beberapa kali mengajukan kepada pemerintah desa/
kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja
permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah satu warga yang cukup
berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau mempengaruhi warga lain untuk
tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang Anda lakukan? |
a. Mengingatkan
warga agar tetap membayar pajak karena membayar pajak itu kewajiban warga
negara |
b. Tetap
membayar pajak meskipun beberpa warga negara terpengaruh terhadap himbauan
tidak membayar pajak |
c. Mengingatkan
salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak
membayar pajak |
d. Mengajak
aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/ kelurahan agar dibuatkan
saluran air |
e. Bersama
warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar
tidak terjadi banjir lagi |
28. Pada rapat desa yang dipimpin kepala
desa sedang mengidentifikasi program desa yang akan didanai melalui dana
desa. Sebagai guru, program apa yang akan Anda usulkan? |
a. Membangun
fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum
ada fasilitas AUD |
b. Perbaikan
jalan antar dusun agar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak dapat
dilewati kendaraan roda empat |
c. Memperbaiki
tempat ibadah di desa itu, agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan
khusuk |
d. Memberi
beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai
pendidikan tinggi |
e. Pemberian
modal usaha dan pelatihan kewirausaan bagi keluarga miskin di desa itu agar
kemiskinan menjadi berkurang. |
29. Kesempatan untuk menempuh pendidikan
lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu,
apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting? |
a. Pengembangan
wawasan melalui belajar |
b. Pengembangan
jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan |
c. Peningkatan
kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja |
d. Peningkatan
ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasi studi lanjut |
e. Pengembangan
diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain |
30. Pada sekolah tempat Anda bekerja Anda
sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan
guru Anda menjadi topik perbincangan antara guru – guru Lain di sekolah
tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan
yang dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut apa yang akan anda lakukan pada
rekan Anda? |
a. Mendiamkan hal
tersebut, karena urusan masing – masing |
b. Menyampaikan
pada waka kesiswaaan dan kurikulum agartidak terjadi kesalah pahaman |
c. Menyampaikan
secara langsung tanpa basa – basi |
d. Menyampaikan
dengan baik – baik dengan guru – guru lainnya |
e. Membicarakan
permasalahan ini secara baik – baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol
dan sharing santai |
31. Siswa – siswi peserta olimpiade sains
nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN.
Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan? |
a. Saya
merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi
peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya |
b. Saya meminta
para peserta OSN membentuk kelompok belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat |
c. Saya
meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta tentang cara menjawab soal
OSN |
d. Saya mendorong
para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas |
e. Saya
mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih memotivasi anak mereka agar
lebih giat belajar dalam persiapan OSN |
32. Tetangga Anda memiliki anak yang
menyandang penyakit genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak
pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak percaya diri karena
tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas,
sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan guru dari
anak tersebut, apa yang Anda lakukan? |
a. Menasehati
orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi |
b. Menasehati
orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homescholing |
c. Menyarankan
melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri dan mau
sekolah lagi untuk masa depannya |
d. Mendatangi
sekolah anak tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi |
e. Menyarankan
kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully |
33. Seringkali dalam bekerja tim,
kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan
yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah... |
a. Keluar diri
kelompok karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan dengan
keyakinan |
b. Tetap
bergabung dengan kelompok namun diam – diam mengaharapkan kelompok gagal
menjalankan apa yang diputuskan |
c. Tetap
bergabung dengan kelompok, namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati |
d. Menerima
keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan
yang telah diambil |
e. Menerima
sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan
pribadi yang keliru |
34. Saat terjadi tindakan asusila di
sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan? |
a. Membahas
bersama pihak internal sekolah dan seger menemukan solusinya |
b. Mendiskusikan
peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan |
c. Memanggil
guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat |
d. Memberitahukan
kejadian tersebut kepada pihak – pihak yang berkepentingan agar mendapat
bantuan |
e. Membiarkan
peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah |
35. Dalam diskusi kelompok, saya biasanya
dikena sebagai individu yang... |
a. Sulit menerima
pendapat orang itu yang kurang logis |
b. Mengikuti
semua pendapat orang lain agar tidak terjadi konflik |
c. Membutuhkan
waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum menerima pendapat orang lain |
d. Dapat menerima
pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan pendapat saya |
e. Mampu
memahami perbedaan dalam berpendapat |
36. Pada acara tiraktan untuk
memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber di sebuah forum
tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan
pada acara tersebut, maka Anda akan memilih tema apa? |
a. “menengok sejarah perjuangan oahlawan kemerdekaan” dengan alasan untuk
memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan kemerdekaan |
b. “tegakkan
hukum menuju Indonesia jaya” dengan alasan persoalan bangsa Indonesia
(terutama budaya korupsi) lebih banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan
hukum |
c. “kesadaran
hukum dalam mangisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki kesadaran
untuk menegakkan hukum dalalm mengisi kemerdekaan |
d. “peran orang
tua dalam menataati hukum” dengan alasan taat hukum adalah bagian dari
mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga |
e. “warga taat
hukum masyarakat damai” dengan alasan agar warga selalu taat hukum sehingga
kedamaian masyarakat tetap terjaga |
37. Terdapat lima kriteria penialian teman
sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan
penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif
maka yang dilakukan adalah... |
a. Setiap aspek
dinillai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk
semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya |
b. Merangking aspek kejujuran dari rangking pertama sampai terakhit untuk
semua teman kemudian dilanjutkan merangking aspek kehidupan dan
seterusnya |
c. Menilai
satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan.
Integritas, tanggung jawab, penampilan) sekaligus |
d. Mendiskusikan
dengan teman laini agar hasil penilaian tidak terdensius dan dapat
dipertanggungjawabkan |
e. Perlu mempetimbangkan
senioritasmeskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi
acuan |
38. Berdasarkan instrospeksi dan pendapat
teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah... |
a. Orang yang
suit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena
membuat bingung yang lain |
b. Orang yang
dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal – hal yang dapat
dipahaminya saja |
c. Orang
yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senang terhadap
siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu |
d. Orang yang
dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki kebenaran untuk berpendapat
untuk sikap perilaku yang tidak toleran |
e. Orang yang
terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakiran diri, serta siap
mengupayakan kompromi dengan orang lain |
39. Pembelajaran bahasa Indonesia
memegang peranan yaitu strategis dalam pembelajaran SD. Pernyataan yag tidak
mendukung pendapat tersebut... |
a. Pembelajaran
bahasa Indonesia sebagai penghela dalam pembelajaran di SD |
b. Pembelajaran
bahasa Indonesia merupakan wahana yang efektif mengembangkan nilai karakter
pada siswa |
c. Pembelajaran
bahasa Indonesia di SD menekankan pada pemberian pengetahuan tentang bahasa pada
siswa |
d. Pembelajaran
bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata
pelajaran lain |
e. Pembelajaran
bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan prestasi siswa |
40. Seorang guru menegur salah satu siswa
saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan
penjelasan dari guru dan malah bermain handphone. Pernyataan yang patut
digunakan guru untuk siswa tersebut adalah... |
a. “sini
berikan kepada saya handphone, kamu ini waktunya pelajaran malah bermain
handphone sendiri” |
b. “kamu sedang
melakukan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan segera fokus pada
penjelasan pelajaran ini” |
c. “tolong
disimpan dulu handphone nya, saat ini sedang pelajaran. Kamu dapat
menggunakan nya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah” |
d. “berikan
handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti
pelajaran silakan keluar dari kelas” |
e. “tanpa
pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan
pelajaran” |
41. Di sekolah Anda mengajar mayoritas
siswa beragama islam, namun ada juga yang beragama non islam. Ketika memasuki
bulan ramadhan. Anda mendapati siswa non muslim yang sedang makan di depan
kelas ketika teman – teman yang lain sedang menjalankan ibdah puasa. Sebagao
seorang guru apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut? |
a. Menasehati
siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan ramadhan demi menghormati
yang berpuasa |
b. Kesuanya
memiliki haknya masing – masing, boleh berbuat sesuai keyakinanannya |
c. Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu
hak mereka |
d. Meminta siswa
tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman –
temannya yang sedang berpuasa |
e. Tidak
peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut |
42. R adalah siswa kelas VI SD yang
pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari
nafkah sebagai pedagang kue untuk menyukupi kebutuhan anak – anaknya.
Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan.
Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan adalah... |
a. Memeberikan
yang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya |
b. Memperbolehkan
R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R
belajar menolong orang tua dan bekerja |
c. Tetap
tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman – teman guru lain untuk
membantu keuangannya |
d. Memberikan
penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang
sebaiknya dilakukan |
e. Memberikan
penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta
mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi |
43. Alif senang bermain musik. Ia pandai
memainkan semua alat musik , termasuk gendang. Ketika alif memukul gendang,
udara di depan membran akan terbentuk.... |
a. Resonasi bunyi |
b. Mempatan |
c. Regangan |
d. Mampatan dan regangan |
e. Sampul dan perut |
44. Hari ini pelajaran IPA tentang
cahaya.pak Made menerapkan kegiatan praktikum mengamati peristiwa pembiasan
kaca planparalel. Penilaian yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif,
tetapi juga psikomotorik. Deskriptor berikut ini untuk menilai keterampilan
siswa mengukur besarnya sudut datang, kecuali... |
a. Membuat garis
tegak lurus di atas garis mendatar pengganti kaca planparalel |
b. Membuat garis
sinar datang |
c. Meletakkan
posisi nol busur derajat pada garis tegak, posisi 90 derajatnya berimpit
dengan garis mendatar |
d. Mengukur besar sudut antara garis mendatar dengan sinar datang |
e. Mengukur besar
sudut antara garis tegak dengan sinar datang |
45. Di daerah topografi curam, seperti
dilereng pegunungan , rawan terjadi longsor bantuan. Hal ini dikarenakan... |
a. Batu mengalami pelapukan |
b. Penambangan batu liar |
c. Curah hujan yang tinggi |
d. Tanah yang bergerak |
e. Tanah tidak kuat menahan batu |
46. Dalam suatu tes, seorang siswa
menuliskan jawaban berikut |
-2×-3 = -6 . Dari jawaban tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa tersebut belum memahami sifat... bilangan negatif |
a. Tertutup |
b. Perkalian |
c. identitas |
d. Komutatif |
e. Asosiatif |
47. Seorang guru mendapati beberapa siswa
yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang wantu yang telah
diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain,
jika seandainya Anda sebagai guru apa yang Anda lakukan ? |
a. Memberikan
fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimna cara
mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan |
b. Mendorong
siswa untuk segeramenyelesaikan tugas secara maksimal dengan menyampaikan
perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan |
c. Memberikan
toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat
menyelesaikan tugasnya |
d. Tetap meminta
tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang
dikerjakan sebagai upaya untuk mmemberikan efek jera pada siswa |
e. Menolak tugas
yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang
sudah disepakati |
48. Perhatikan penyataan berikut: |
1) (1) letak
astronomis Indonesia 6 LU – 11 Ls |
2) (2) ibu kota
Indonesia adalah Jakarta |
3) (3) penghasil
tembakau wilayah yang bersuhu udara panas |
4) (4) cerita
rakyat mengandung Majas narasi |
5) (5) ITB berada
di bandung. |
Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD
adalah,,, |
a. 1,2,3 |
b. 2,3,4 |
c. 3,4,5 |
d. 1,3,4 |
e. 1,2,5 |
49. Pembangunan suatu stadion dapat
diselesaikan oleh 20 orang dalam waktu 100 hari. Setelah dikerjakan selama 40
hari ternyata pekerjaan tersebut harus segera disesaikan dalam waktu 40 hari
lagi. Agar pmebangunan stadion tersebut dapat diselesaikan tepat waktu banyak
pekerja yang harus ditambah adalah.... orang |
a. 6 |
b. 7 |
c. 8 |
d. 9 |
e. 10 |
50. Adanya integrasi sosial berdasarkan
pada nilai dan norma yang disepakati bersama dan memberi tuntutan bagaimana
indovidu beperilaku. Berikut faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
adalah... |
a. Semangat
gotong royong yang semakin bergeser sebagai makhluk sosial |
b. Kebutuhan
telah terpenuhi dan adanya persamaan kebudayaan |
c. Adanya
konsesus nilai dalam masyarakat dan sikap terbuka pada perubahan |
d. Menurunnya
tantangan dari pihak luar dan persamaan visi, misi, dan tujuan |
e. Bergesernya
nilai toleransi dan munculnya sikap individualisme . |
51. Melestarikan lingkungan hidup menjadi
tanggung jawab semua komponen yang berada di sekolah tersebut. Salah satu
contoh penerapan pengunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS di
sekolah dasar adalah... |
a. Membuat
tanaman hidroponik |
b. Mencegah kerusakan lingkungan |
c. Menghemat
penggunaaan listrik |
d. Meningkatkan
potensial kebersihan kelas |
e. Mengendalikan
pencemaran lingkungan |
52. Konsep ruang dan waktu dalam dinamika
kehidupan global sangat berkaitan erat. Contoh langsung yang dapat terlihat
adalah... |
a. Kebangkitan
nasional tahun 1908 sebagai tanggal lahirnya rasa kebangsaan |
b. Dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. soekarno hatta |
c. Melaksanakan
pengibaran bendera merah putih lepas dari pengaruh jepang |
d. Unjuk rasa
menuntut agar RUU anti pornografi dan pornoaksi segera disahkan |
e. Konflik
antar etnis, ras, suku mengundang perhatian masyarakat dunia |
53. Cermatilah kalimat – kalimat berikut! |
1) akun – akun
menyusup ke facebook, twitter, youtube dan saluran media sosial lainnya |
2) akun – akun
media sosial (medsos)dengan konten provoaktif bertebaran di dunia maya |
3) tak jarang pula memicu gaduh lantaran menebar kebencian dan saling
menghinakan |
4) ulahnya
meracik isu sering membuat dunia maya riuh |
Kalimat – kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf
yang padu dengan urutan berikut: |
a. 1,2,3,4 |
b. 2,1,4,3 |
c. 4,2,1,3 |
d. 3,1,4,2 |
e. 2,3,4,1 |
54. Bapak sutrisno adalah guru IPS SD dan
akan mengajarkan materi masalah sosial di lingkungan sekitar. Bapak
sutrisno menggunakan media gambar yang menunjukkan berbagai masalah sosial
dilingkungan sekitar seperti kemiskinan, rumah kumuh, dan banjir. melalui
penggunaan media pembelajaran tersebut bapak sutrisno mengharapkan siswa
tergerak dan tersentuh untuk membantu menyumbangkan apa saja yang tidak
terpakai dan masih layak untuk disumbangkan. Melihat urutan di atas bapak
sutrisno memilih media gambar dengan tujuan... |
a. Membentuk
karakter sikap dan nilai siswa |
b. Membangkitkan motivasi dan gairah belajar siswa |
c. Tujuan
pembelajaran agar mudah tercapai secara baik |
d. Membantu
meningkatkan pemahaman siswa melalui media |
e. Pembelajaran
menjadi menyenangkan dan terfokus |
55. Perhatikan pola bilangan berikut |
13, 25, 37,49, 511, 613, 715, 817, 919,.... |
Bilangan selanjutnya adalah... |
a. 1021 |
b. 1012 |
c. 1032 |
d. 1023 |
e. 1031 |
56. Bu yona akan membelajarkan materi
listrik statis. Beliau ingin mengemas pembelajaran seperti bermain sulap.
Berbagai alat dan bahan sederhana sudah disiapkan. Para siswa juga diminta
untuk membawa peralatan tersebut. Model pembelajaran yang cocok diterapkan
untuk mengatasi kondisi tersebut adalah... |
a. Inkuri |
b. Discovery |
c. Problem based learning |
d. Demontrasi dan praktik |
e. Kooperatif |
57. Untuk mengerjakan tugas dengan baik,
apalagi tugas bertumpuk tumpuk selalu diperlukan banyak energi. Terkait
dengan hal ini. Pilihlah salah satu jawaban yang paling mendekati diri Anda! |
a. Tidak peduli
pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik – baik saja |
b. Kehabisan
tenaga, bahkan sebelum tugas terselesaikan |
c. Energi
terkuras setelah mengerjakan tugas sehingga kurang siap mengerjakan tugas –
tugas berikutnya |
d. Energi hampir
terkuras habis, perlu beristirahat beberapa waktu sebelum mengerjakan tugas
berikutnya |
e. Semua
terselasaikan sesuai waktu direncanakan sehingga masih ada energi untuk tugas
berikutnya |
58. Gabungan dua kata yang menimbulkan
suatu arti baru namun masih memiliki hubungan dengan kata dasarnya disebut
kata majemuk.kata – kata berikut yang termasuk didalam kata majemuk adalah... |
a. Cuci mata,
ruang baca, jual beli, |
b. Simpan pinjam,
jago merah, kursi malas |
c. Kambing
hitam, mata kaki, cuci mata |
d. Kamar kerja,
ringan tangan, hidung belang |
e. Jual beli,
simpan pinjam, mata kaki |
59. Pak Dika mengajar di kelas V A SD
Cinta damai. Ketika pelajaran berlangsung, siswanya sangat aktif. Suasana
kelas selalu gaduh. Suara pak Dika tidak dapat mengalahkan kegaduhan kelas.
Akhirnya pak Dika berinisiatif untuk menerapkan suatu model pembelajaran IPA
yang dapat mendorong siswa untuk fokus pada suatu kegiatan yang mengasyikkan.
Model inkuiri terbimbing dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus
melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Hipotesis yang cocok untuk PTK pak
Dika adalah... |
a. Siswa kelas V
A mampu melakukan kegiatan praktikum |
b. Siswa kelas V
A aktif mengemukakan pendapat |
c. PTK
inkuiri terbimbing dapat diselesaikan sebanyak 2 siklus |
d. Langkah PTK
inkuiri termbimbing terdiri atas 4 tahap |
e. Inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan konsentrasi siswa |
60. Salah satu tugas wali kelas setiap
kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk menerima hadiah dari
sekolah. Jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam
menentukan siswa urutan 1, 2, 3 berdasarkan.... |
a. Rata – rata
nilai rapor saja |
b. Kepribadian
dan nilai rapor |
c. Nilai
rapor dan capaian prestasi non akademik |
d. Keterlibatan
kepengurusan osis dan nilai rapor |
e. Prestasi
akademik dan non akademik |
61. Berdasarkan introspeksi dan pendapat
teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah... |
a. Orang yang
sulit untuk mengapresiasi perberdaan cara siswa dalam menyelesaikan soal
karena membuat bingung yang lain |
b. Orang yang
dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal- hal yang hanya dapat
dipahaminya saja |
c. Ornag
yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senang terhadap
siswa ketika ada perbedaan dalam menulau sesuatu |
d. Orang yang
dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki keberagaman untuk berpendapat
untuk sikap perilaku yang tidak toleran |
e. Orang
terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap
mengupayakan kompromi dengan orang lain |
62. Sekolah Anda pada akhir libur
semester mengadakan studi tour ke luar kota selama 3 hari dan Anda menjadi
salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai rencana rombongan
study tour akan tiba kembali di sekolah hari minggu sore pukul 17.00 karena
hari senin adalah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena sesuatu dan lain
hal rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari senin pukul 03.00 pagi.
Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama karena
kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan? |
a. Tetap masuk
sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagimana hari –hari biasa |
b. Tetap masuk
sebagaimana hari – hari biasa meskipun banyak guru yang ijin |
c. Menyarankan
kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk tetap masuk sekolah |
d. Menyampaikan
kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah |
e. Menyarankan
kepada peserta didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah. |
63. Perhatikan pernyataan berikut: |
1) memiliki
kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungan melalui
pemahaman sejarah dan kebudayaan masyarakat |
2) mengembangkan
kemampuan personal dan interpersonal yang dapat digunakan dalam rangka
mengatasi kesulitan hidupnya |
3) memahami
konsep dasar dan mampu menggunkan metode yang diadaptasi dari ilmu sosial
yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial |
4) memiliki
kemampuan dan gaya berkomunikasi serta memiliki jiwa kerjasama dalam
masyarakat majemuk pada tingkat lokal , nasional dan global |
5) mampu
menggunakan model dan proses berfikir serta membuat keputusan yang tepat |
Penerapan nilai – nilai IPS SD yag
dikembangkan dalam kehidupan sehari – hari adalah |
a. 1 , 2, 3 |
b. 2,3 , 4 |
c. 1,3, 5 |
d. 4, 5, 1 |
e. 2, 4, 5 |
64. Kepadatan dan kelembapan tanah tidak
menjadi kendala bagi cacaing untuk bernapas. Cacing memiliki cara tersendiri
dalam pengembalian udara pernapasan yaitu menggunakan ... |
a. Trakea untuk
menghirup udara dari tanah |
b. Lapisan
kulitnya untuk menyimpan oksigen dari permukaan tanah |
c. Buku –
buku tubuhnya untuk mengambil oksigen dari tanah |
d. Kulitnya
untuk menghisap udara yang terkandung dalam tanah |
e. Kutikula untuk
menghirup udara dari tanah |
65. Perhatikan argumen berikut: |
P1 : jika Doni ujuan sarjana maka ia pergi berhaji |
P2: jika doni tidak menukar uang Riyal maka ia tidak pergi berhaji . |
Kesimpulan yang benar adalah... |
a. Jika doni
tidak pergi berhaji maka ia tidak menukar uang riyal |
b. Jika doni
tidak pergi berhaji ia menukar uang riyal |
c. Jika
doni menukar uang riyal maka aku lulus ujian |
d. Doni lulus
ujian sarjana tetapi tidak menukar uang riyal |
e. Jika doni tidak
menukar uang riyal maka ia tidak lulus ujian sarjana |
66. Anda memiliki siswa yang ingin sekali
menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa
tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya, namun Anda tidak memiliki
waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan kepada siswa adalah... |
a. Bahwa siswa
tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada saya |
b. Bahwa siswa
belum waktunya menguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa
melatihnya |
c. Bahwa
siswa itu bisa belajar sendiri untuk menguasai keterampilan itu. |
d. Bahwa siswa
tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu dan memintanya mencari
pelatih yang diinginkan dari luar sekolah |
e. Bahwa siswa
itu memiliki kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai keterampilan
itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan saya |
67. Menurut saya, gambaran ideal sorang
guru adalah... |
a. Memahami
pentingnya perencanaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan
sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya |
b. Memahami
pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab agar tujuan
sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya |
c. Melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru agar tujuan sekolah lebih terarah
dan terukur kinerjanya |
d. Melaksanakan
tugas – tugas sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjan dan tanggung
jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya |
e. Melaksanakan
tugas secara mandiri maupun kolaborasi sesuai aturan yang berlaku, deskripsi
pekerjaan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur
kinerjanya |
68. Persamaan kuadrat yang akar – akarnya
setengah dari persamaan x2 – 6 + 8 = 0 adalah... |
a. X2 -2x + 4 = 0 |
b. 2x2 -2x – 8 = 0 |
c. X2 -3x + 2 = 0 |
d. 2x2 – 9 = 0 |
e. X2 – 3x – 4 = 0 |
69. Salah satu sifat bahasa adalah
bersifat manasuka. Maksud dari sifat manasuka tersebut adalah... |
a. Bahasa
memiliki pola dan kaidah yang harus ditaati agar dapat dipahami oleh
pemakainya |
b. Tidak ada
hubungan logis antara bunyi dan makna yang disimbolkannya |
c. Bentuk
dasar bahasa adalah ujaran karena media bahasa yang terpenting adalah bunyi |
d. Bahasa menjadi
berfungsi selama manusia yang memanfaatkannya bukan makhluk lainnya |
e. Bahasa adalah
sebagai alat berkomunikasi atau alat perhubungan antara anggota anggota
masyarakat |
70. Perhatikan penyataan baerikut |
1) sikap
toleransi antar warga masyarakat |
2) sikap saling
menghargai antar berbeda agama |
3) sikap apatis
terhadap masyarakat |
4) sikap memiliki
tujuan bersama antar warga masyarkat |
5) sikap mencapai
kekuasaan yang mutlak |
Faktor yang mempengaruhi asimilasi adalah... |
a. 1 , 2, 3 |
b. 1, 2, 4 |
c. 2, 3, 4 |
d. 2, 4, 5 |
e. 3, 4, 5 |
71. Salah satu kriteria bahan
pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah adalah keterbacaan dan
kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah... |
a. Sesuai dengan
kurikulum yang berlaku |
b. Sesuai dengan
kesiapan guru |
c. Sesuai
dengan kejiwaan siswa, usia dan lingkungan siswa |
d. Sesuai dengan
tingkat pengetahuan masing – masing siswa di kelas tersebut |
e. Sesuai dengan
buku siswa dan buku guru |
72. Menurut Anda sikap dan perilaku guru
yang mencerminkan nilai – nilai keagamaan yang dianutnya adalah... |
a. Rajin ibadah
disertai dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi
dengan apapun dan siapapun |
b. Rajin
beribadahdan tidak mentolerir waktu yang mengganggu ritual keagamaannya
dan menolong orang tanpa pamrih |
c. Rajin
ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang tanpa pamrih dnegan
tetap menunjukkkan identitas keagamaan yang berbeda |
d. Rajin ibadah
disertai sikap dan perilaku yang toleran, namun tetap menunjukkan prinsip
tegas yang perlu diketahui orang lain |
e. Rajin
beribadah disertai sikap dan perilaku yang proaktif menolong kepada siapapun,
serta menunjukkan perilaku – perilaku keteladanan |
73. Susunan kata “saya” tidak bisa diubah
menajdi “ayas” atau “asay”. Hal itu membuktikan bahasa... |
a. Bahasa itu
sistematis |
b. Bahasa itu
produktif |
c. Bahasa
itu lambang |
d. Bahasa itu
bermakna |
e. Bahasa itu
manusiawi |
74. Seorang wali murid mendatangi Anda
sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya rendah. Menurutnya si anak
telah mengikuti berbagai bimbingan belajar, sehingga mustahil mendapat
nilai rendah, sementara anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi
padahal anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar.
Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid tersebut? |
a. Menunjukkan
data capaian belajar anak secara objektif serta memanggil si anak untuk
berdiskusi dengan ornag tuanya |
b. Menunjukkan
dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta
memberi kesempatan untuk mendiskusikan prestasi belajar yang dicapai secara
obyektif |
c. Menjawab
protes wali murid tersebut dengan menunjukkan rekap data serta menyampaikan
bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi belajar anak di
sekolah |
d. Menunjukkan
dokumen hasil ulangan serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikan
sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang
diperkirakannya |
e. Menjawab
protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapapun hasilnya nilai itu
merupakan hak dan kewenangan guru |
75. Sebuah benda bermassa 500g bergerak
dari posisi diam dengan percepatan 2m/s2 . bila benda tersebut bergerak
selama 10 detik. Maka kecepatan dan gaya yang bekerja pada benda tersebut
adalah... |
a. 0,2 m/s dan 1N |
b. 5m/s , 1 N |
c. 20 m/s 1 N |
d. 20 m/s , 10 N |
e. 20 m/s, 1000n |
76. Yang termasuk manifest sosial problem
adalah |
a. Kesenjangan sosial |
b. Konflik antar desa |
c. Kejahatan dunia maya |
d. Kasus korupsi dana pemerintah |
e. Tengkulak / rentenir |
77. Perhatikan penyataan dibawah ini |
(1) refleksi (analisis dan interpretasi ) |
(2) Penetapan fokus permasalahan |
(3)perencanaan tindak lanjut |
(4) perencanaan tindakan perbaikan |
(5) pelaksanaan tindakan |
(6) pengumpulan data (pengamatan / observasi) |
Langkah – langkah penelitian tindakan menurut kurt
lewin ialah |
a. 2, 4,5,6,1,3 |
b. 4,5,6,2,1,3 |
c. 3,2,1,4,6,5 |
d. 1,3,4,6,5,2 |
e. 1,4,2,3,5,6 |
78. Made usianya masih belia dia
tidak dapat melihat benda dengan jelas. Bayangan benda yang terbentuk kabur
dan berbayang. Dokter mengatakan made mengalami cacat mata astigmatisme.
Cacat mata terjadi karena bentuk kornea... (terlalu melengkung/tidak bulat
sempurna, bola mata lonjong) |
a. Terlalu cembung |
b. Tidak cembung sempurna |
c. Cenderung cembung |
d. Tidak cekung sempurna |
e. Kadang – kadang berubah cekung |
79. Kelas akselerasi adalah untuk
memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki potensi dan bakat akademis luar
biassa. Makna istillah akselerasi pada kalimat tersebut adalah... |
a. Unggulan |
b. Peningkatan |
c. Percepatan |
d. Tambahan |
e. Khusus |
80. Rekayasa dalam bidang pertanian sudah
sering dilakukan. Rekayasa perkembangan vegetatif buatan biasanya untuk
mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan manusia. Jika kita ingin
mendapatkan buah durian yang berdaging tebal seperti durian montong, tetapi
rasanya manis pahit seperti durian unggul tertentu, maka dapat dilakukan
kegiatan berikut, kecuali... |
a. Mengokulasi
pohon durian yang buahnya pahit dengan pohon durian berdaging tebal yang
rasanya tidak manis |
b. Menyambung
pohon durian yang memiliki daging buah tebal dan manis pada pohon durian yang
rasanya pahit |
c. Menangkarkan
tunas durian yang memiliki daging buah tebal dan rasanya pahit |
d. Menyangkok
pohon durian yang memiliki daging buah tebal dan rasanya pahit |
e. Melakukan
kultur jaringan batang durian yang memilki buah tebal dan rasanya pahit |
81. Ayah mengendarai mobil ke rumah nenek
berangkat pada pukul 10.00 pagi. Jika ayah mengendarai mobil dengan kecepatan
60 km/ Jam dan ayah akan tiba di rumah nenek pukul 11.30. maka jarak ke rumah
nenek adalah... km |
a. 70 |
b. 75 |
c. 80 |
d. 90 |
e. 120 |
82. Jika dalam ujian fisika andi
mendapatkan nilai 75 dengan nilai rata – rata kelas 70 dan simpangan baku 10
sedangkan dalam ujian statistika ia mendapatkan nilai 80 dengan rata – rata
kelas 75 dan simpangan baku 12 maka... |
a. Kemempuan
fisika dan statistika di kelas andi sama variannya |
b. Kemampuan
fisika di kelas andi lebih beragam dari pada kemampuan statistikanya |
c. Kemampuan
fisika di kelas andi lebih seragam dari pada kemampuan statistikanya |
d. Kemampuan
statistika di kelas andi lebih seragam daripada kemampuan fisikanya |
e. Kemampuan
fisika dan statistika di kelas andi tidak dapat dibandingkan variannya |
83. Penggunaan tanda baca yang tepat
terdapat dalam paragraf.... |
a. Pada abad
XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya
sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti bahan makanan,
pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal. |
b. Pada abad ke
21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya
sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti, bahan makanan,
pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal. |
c. Pada
abad ke- 21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya
sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti: bahan makanan,
pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal. |
d. Pada abad ke
dua puluh satu ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita
hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti bahan
makanan; pakaian; obat – obatan; dan tempat tinggal. |
e. Pada abad ke
stri XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita
hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti bahan
makanan; pakaian; obat – obatan; dan tempat tinggal. |
84. Abdulloh memiliki akuarium yang diisi
dengan beberapa ekor ikan. Agar air di dalam akuarium selalu bersih, ayah
memasang serat pada selang sirkulasi air guna menangkap pertikular padat.
Kegiatan yang dilakukan ayah merupakan contoh peristiwa... |
a. Destilasi |
b. Filtrasi |
c. Ekstrasi |
d. Adsorbsi |
e. Kromatografi |
85. “mengamati, mengolah dan menyajikan
teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosa kata baku”. Ruang lingkup materi bahasa Indonesia yang terkandung pada
kompetensi dasar tersebut adalah.... |
a. Makanan dan
rantai makanan, teks laporan |
b. Teks
laporan, kosa kata baku |
c. Kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem |
d. Kosa kata
baku, pengaruh kesehatan manusia |
e. Bahasa lisan,
tulisan, makanan dan rantai makanan |
86. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia
dengan penerapan pendekatan whole language, siswa diiharapkan mampu
membedakan antara opini dan fakta. Aktivitas pembelajaran yang tepat
dilakukan guru adalah... |
a. Guru
menjelaskan tentang perbedaan opini dan fakta dan siswa diminta membuat
contoh |
b. Siswa membaca
contoh opini dan fakta dan membuat contooh opini dan fakta yang lain |
c. Siswa
membaca teks wacana yang mengandung opini dan fakta, siswa menulis contoh opini dan fakta dan membcakan di depan kelas |
d. Guru
membacakan contoh opini dan fakta dan siswa diminta menulis contoh |
e. Guru meminta
siswa menulis contoh opini dan membacakan ke depan kelas. |
87. Teori pemerolehan bahasa yang
menyatakan bahwa kematangan berfiir berbanding lurus dengan kemampuan
berbahasa adalah.. |
a. Nativisme |
b. Kognitivisme |
c. Interaksionisme |
d. Behaviorisme |
e. Empirisme |
88. Bacalah penggalan drama di bawah ini |
Suryani :” sebenarnya saya sudah mnegetahui hal itu
sejak lama pak. Hanya saja saya kurang yakin apakah tindakannya itu
bertentangan dengan peraturan perusahaan.” |
Dewantara :” Anda ini bagaimana?” sebagai staf
personalia Anda mestinya paham aturan – aturan yang berlaku di perusahaan
ini.” |
Suryani :” bukan bergitu pak. Saya melihat di PT
jasa mekanika karyawan yang melakukan tindakan serupa tidak dipermasalahkan
oleh perusahaan. Jadi saya pikir di perusahaan ini pun tidak akan
dipermasalahkan . bukan kah kita masih satu induk dengan PT jasa mekanika?” |
Dewantara :” kita memang satu induk tapi jenis usaha
berbeda, jadi tidak dapat disamakan begitu saja. Anda paham?” |
Suryani:”ya pak, saya akan segera menyelesaikan
masalah ini.” |
Dewantara :”bagus. Selanjutnya Anda pelajari kembali
seluruh aturan perusahaan kita!” |
Amanat kutipan drama tersebut adalah... |
a. Peraturan
harus di buat secara jelas agar mudah dipahami |
b. Peraturan yang
berlaku harus di pahami agar tidak terjadi pelanggaran |
c. Peraturan
dalam sebuah instansi, harus dibedakan dengan instansi lain |
d. Setiap
pelanggaran peraturan harus diselesaikan sesusai dengan aturan yang berlaku |
89. Terdapat arugmen yang menyatakan
bahwa: |
1) (1) Memegang
teguh hal – hal yang dibawa sejak kecil |
2) (2) mengenal
tradisi baik tradisi adat istiadat dalam lingkungan pertamanya |
3) (3) meyakini
kepercayaan yang diperoleh sejak lahir |
Merupakan konsep pembelajaran IPS SD dalam hal.... |
a. Etnosentrisme |
b. Stereotipe |
c. Eksklusivisme |
d. Vanatisme |
e. Primordialisme |
90. Azalea tak pernah menyangka kalau
hari ini ia hanya bertemu sandrina. Dan pertemuan itu, sesungguhnya tak ia
harapka.azalea terlanjur kecewa pada sandrina. Sandrina yang sedemikian
sempurna di matanya ternyata menyimpan celah yang tak terbayangkan oleh
azalea. Sandrina yang kaya, cantik, pintar, santun. Sandrina yang siap
membantu siapapun. Sandrina yang disuatu pagi ditemukan Ode dimakar mewahnya.
Dan itu sangat menyakiti azalea. “aku malas sekali untuk bertemu sandrina ma.
Aku kecewa”. “ za, begitu juga dengan sandrina. Berikan kesempatan padanya
untuk memperbaiki diri. Temui dia!” kata mama dengan lembut. Peribahas yag
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... |
a. Tak ada asap tanpa api |
b. Tak ada gading yang tak retak |
c. Tak ada rotan akar pun jadi |
d. Tak lekang oleh panas, tak
lapuk oleh hujan |
e. Tak kan lari gunung di kejar |
91. Bacalah paragraf berikut. |
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentra
batik cirebon. Hampir semua orang mengenal batik bahkan masyarakat tiongkok
sangat menyukai motif- motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak
sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih 5 km ke arah barat kota
cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat
ditemukan di desa tersebut. Motif nya pun sangat beragam, ada mahkota mega
mendung, dan motif – motif pesisiran lainnya. Gagasan utama paragraf tersebut
adalah... |
a. Berbagai motif batik cirebon |
b. Produk batik rumahan dan
pabrikan |
c. Trusmi sebagai sentra batik
cirebon |
d. Kegemaran orang cina kan motif
batik |
e. Cirebon sebagai kota batik |
Baca Juga Soal dan
Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Modul 2 KB 1 2 3 4 (Pedagogik) Soal dan
Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Modul 3 KB 1 2 3 4 (Pedagogik) Soal dan
Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Modul 1 (Profesional) |
92. Berikut ini yang merupakan
pertanyaaan tingkat tinggi kategori C5 taksonomi bloom (revised) adalah.... |
a. a.
Hasil uji emisi sebuah mobil dalam penggunaan bioanol tipe gasohol E-10
dibandingkan dengan premium terdapat pada tabel berikut. |
b. (TABEL) |
c. Apa yang
dapat disimpulkan dari penggunaan premium dan biotanol tersebut? |
d. b.
2 buah mobil A dan B menggunakan bahan bakar yang berbeda. Mobil A mengunakan
bahan bakar pertamax, mobil B menggunakan pertalite. Harga pertalite Rp
1.500,- lebih mahal dari pertamax. Kedua mobil diisi bahan bakar dengan
volume yang sama. Mobil A dapat menempuh jarak 60 km dan mobil B sejauh 80km.
Bahan bakar mana yang lebih efisien? |
e. c.
Sebuah mobil berjalan dengan kecepata 60km/jam. Jarak yang ditempuh 240km.
Berapa lama mobil itu berjalan |
f. d.
Ketika kecepatan suatu mobil ditingkatkan menjadi 2 kalinya bagaimana besar
percepatannya |
g. e.
Rancanglah sebuah kompor listrik yang memiliki daya 100 watt, jika disediakan
kawat nikelin berdiamter 0,05mm. Sumber tekanan yang ada 220 volt. |
93. Alat peraga yang tepat untuk
memahamkan konsep perpangkatan bilangan adalah... |
a. Menggunakan
kartu bilangan yang dibuat khusus untuk permainan dan alat hitung |
b. Memotng
sedotan sama panjang dan dilakukan berulang – ulang untuk setiap sedotan
hasil potongan sebelumnya |
c. Memotong
kertas berbentuk persegi panjang menurut diagonalnya secara berulang dan sama
besar |
d. Melipat kertas
berbentuk persegi panjang beberapa kali dan menghitung kelilingnya |
e. Menggunakan
kertas berpetak dan kemudia diberi arsiran menurut arah horisontal dan
vertikal |
94. Perhatikan argumen berikut |
P1: jika koni lulus ujian maka ia pergi ke luar
negeri |
P2 : jika koni tidak menukar uang uang dolar maka ia
todak pergi keluar negeri |
Kesimpulan benar adalah... |
a. Jika koni
tidak pergi ke luar negeri maka ia menukar uang dolar |
b. Jika koni
menukar uang dolar maka ia lulus ujian |
c. Koni
lulus ujian tetapi tidak menukar uang dolar |
d. Jika koni
tidak menukar uang dolar maka ia tak lulus ujian |
e. Jika koni
tidak pergi ke luar negeri maka ia tidak menukar uang dolar |
95. Organ penyusun gerak atau rangka
manusia terdiri atas beberpa bagian namun bagian – bagian tersebut memiliku
fungsi yang sama. Berikut ini merupakan fungsi dari rangka manusia kecuali... |
a. Sebagai
alat gerak aktif |
b. Tempat
melekatnya otot |
c. Tempat
penyimpanan mineral |
d. Tempat
pembentukan sel – sel darah |
e. Tempat
pembentukan sum – sum merah |
96. Manusia merupakan komponen abiotik
yang memiliki akal pikiran, kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mengubah
alam. Salah satu peranan manusia yang memberikan manfaat bagi alam adalah... |
a. Mengadakan
reboisasi dan penghijauan dalam rangka menajaga kelestarian alam |
b. Berubahnya
ekosistem alam menjadi ekosistem binaan sehingga biota dapat terpelihara |
c. Memberikan
senyawa tertentu untuk meningkatkan flora dan fauna |
d. Melakukan
sistem pertanian dengan menggunakan sistem modern |
e. Melakukan
perubahan profil |
97. Diberikan KD 3.3 “Membandingkan dua
bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkrit.
Tugas yang sesuai dengan KD di atas adalah... |
a. Menghitung
banyak antrian untuk mencuci tangan |
b. Merinci banyak
kegiatan saat makan |
c. Merinci
tugas masing – masing anggota keluarga |
d. Menghitung
banyak siswa kelas 5 dan 6 saat upacara hari senin |
e. Menghitung
banyak anak yang tidak masuk dalam 2 hari |
98. Seorang siswa kelas I diminta gurunya
untuk menulis contoh – contoh kalimat majemuk berdasarkan gamabr yang ada di
papan tulis. Hal ini menandakan guru tersebut tidak memahami karakteristik
perkembangan ..... siswa |
a. Kognitif |
b. Bahasa |
c. Moral |
d. Sosial |
e. Emosional |
99. Perhartikan pernyataan yang
disampaikan dalam diskusi berikut |
“sertifikasi guru dilakukan dengan tujuan utama
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui sertifikasi
diharapkan akan tersaring guru – guru yang berkualitas. Guru yang belum
tersertifikasi diharapkan akan meningkatkan kualitasnya”. Pertanyaan yang
paling tepat disampaikan dalam diskusi adalah... |
a. Apa yang
dimaksud dengan sertifikasi guru? |
b. Mengapa
sertifikasi guru perlu dilakukan? |
c. Kapan
guru yang belum tersertifikasi dapat meningkatkan kualitasnya? |
d. Mengapa
sertifikasi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran? |
e. Berapa lama
jangka waktu sertifikasi dilakukan? |
100. Siswa
mampu berpidato, aspek yang dapat dinilai untuk mengukur ketercapaian KD
tersebut adalah.... |
a. Lafal,
intonasi, tanda baca, penampilan |
b. Lafal, ejaan,
ekspresi, penampilan |
c. Lafal,
diksi, ekspresi, percaya diri |
d. Lafal,
intonasi, ekspresi, penampilan |
e. Lafal,
intonasi, penguasaan topik, penampilan |
101. Sebuah
penampung air dengan volume 36.000 liter akan penuh jika dengan kecepatan
2liter/ detik. Lama pengisian penampung adalah.... jam |
a. 4 |
b. 4,5 |
c. 5 |
d. 5,5 |
e. 6 |
102. Perhatikan
pernyataan berikut |
1) kesadaran
informasi masyarakat yang masih belum maksimal |
2) penggunaan
teknologi informasi yang belum merata dan mengakar dalam kehidupan masyarakat |
3) penerapan
budaya informasi di dorong oleh perkembangan atau kej=bijakan nasional |
4) kapasitasn
inovasi nasional yang belum maksimal |
5) dibuat UU
iptek |
Faktor penghambat fenomena interaksi perkembangan
iptek di Indonesia adalah... |
a. 1,2,3 |
b. 2,3,4 |
c. 3,4,5 |
d. 2,3,5 |
e. 1,2,4 |
103. Rangkaian
listrik terdiri atas 3 buah lampu yang memiliki hambatan sama besar dipasang
secara paralel dan dihubungkan dengan sumber tegangan sehingga menjadi
rangkaian tertutup. Bila hambatan penggantinya 2,5 ohm dan kuat arus yang
mengalir sebesar 2 A, serta hambatan dalam dari sumber tegangan sebesar 0,5
ohm. Maka hambatan masing – masing lampu adalah... |
a. 2 ohm |
b. 2,5 ohm |
c. 3 ohm |
d. 4 ohm |
e. 6 ohm |
104. Apa
bila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD adalah siswa dapat menguasai
memberikan pendapat tentang hakikat permasalahan sosial di lingkungan
sekitar, maka jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang guru IPS SD
adalah... |
a. Uji kinerja |
b. Uraian |
c. Menjodohkan |
d. Obejektif pilihan ganda |
e. Benar salah |
105. Perhatikan
pernyataan berikut |
1) sebagai media
daring |
2) sebagai media
penelususran materi pembelajaran |
3) sebagai
komunikasi antar kelompok |
4) sebagai
piranti sofware |
5) sebagai media
guru untuk mengumumkan suatu hal yang penting |
Peran IPTEK bagi siswa SD di era milenial adalah.... |
a. 1,2,3 |
b. 1,2,5 |
c. 2,3,4 |
d. 2,4,5 |
e. 3,4,5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar